SELAMAT DATANG DI ARIE@blog's

SEMANGAT DAN SUKSES SELALU

Jumat, 16 Desember 2011

Sukses Melewati Hari Pertama di Kantor Baru

Akhirnya, Anda mendapat pekerjaan baru di kantor yang baru. Rasa senang bercampur gugup mungkin akan menguasai Anda pada hari pertama berada di sana. Bagaimana mengatasinya?
Berbeda seperti saat Anda dulu pertama kali masuk sekolah atau kuliah, hari pertama bekerja di tempat yang baru selalu melahirkan kegugupan yang lain. Jika di masa sekolah atau kuliah semua orang merasa sebagai orang baru yang memasuki lingkungan baru, maka di tempat kerja yang baru, hanya Andalah orang baru di tempat yang baru.
Andalah satu-satunya orang yang akan menjadi pusat perhatian sekaligus merasa asing di tempat tersebut. Anda mungkin akan makan siang sendirian, tak mengerti topik pembicaraan saat rekan-rekan baru Anda berbincang, juga tak tahu bagaimana budaya perusahaan di tempat tersebut. Intinya, banyak yang harus Anda pelajari agar bisa merasa nyaman bekerja sekaligus bergaul dengan rekan kerja yang lain.
Bersiap
Jika memungkinkan, ambil jeda waktu seminggu sebelum Anda bekerja di kantor yang baru. Ini penting agar Anda bisa melakukan persiapan dan mengatur emosi saat melakukan perpisahan dengan rekan kerja di tempat yang lama. Jika Anda punya hubungan yang dekat, tentu tak mudah untuk berpisah dengan mereka.
Selain itu, gunakan masa jeda ini dengan melakukan persiapan untuk masuk kerja di hari pertama. Cari tahu siapa teman Anda yang mungkin mengenal seseorang yang bekerja di kantor baru Anda. Jika ada, Anda bisa bertanya padanya soal budaya perusahaan, kondisi pertemanan di sana, dan hal-hal lain yang bisa membuat Anda merasa memiliki gambaran tentang hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk memberi kesan positif di hari pertama kerja. Dengan mengenal terlebih dahulu seseorang di tempat kerja tersebut, Anda pasti akan merasa lebih nyaman saat melangkah menuju kantor baru.
Rencanakan pakaian apa yang akan Anda gunakan selama seminggu di kantor yang baru. Selama Anda belum tahu ‘’budaya berpakaian’’ rekan-rekan kerja Anda, apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan untuk bekerja, lebih baik kenakan pakaian kerja yang konservatif atau tidak mencolok perhatian.
“Sebaiknya juga jangan terlalu lelah secara fisik saat melakukan hal-hal di luar urusan kantor karena seminggu pertama bekerja di tempat yang baru akan menguras tenaga dan emosi Anda,” ujar konsultan karier Dawn Rosenberg McKay, seperti dikutip dari about.com.
Selain itu, rencanakan pula rute perjalanan Anda dari rumah ke tempat kerja, termasuk dengan kendaraan apa Anda akan menuju ke sana. Jangan lupa juga untuk memikirkan rute alternatif jika kondisi di jalanan macet atau ada kejadian tak terduga. Tentunya Anda tak ingin datang terlambat dan dikenal sebagai karyawan baru yang tukang telat di minggu pertama Anda bekerja bukan?
Hari-H
Gunakan pakaian yang membuat Anda terlihat ‘’bersinar’’ dan percaya diri. Jika Anda percaya diri, tentu orang lain juga akan melihat Anda sebagai orang yang percaya diri. Usahakan untuk datang lebih awal agar Anda bisa merapikan diri Anda. Penampilan yang rapi dan menarik tentu Anda butuhkan sebagai kesan pertama. Jangan lupa juga untuk sarapan sebelum berangkat ke kantor.
Yang juga harus Anda ingat ialah, pekerjaan baru Anda berlaku sejak saat Anda meninggalkan rumah. Berhati-hatilah dalam bersikap terutama jika Anda sudah berada di dekat lingkungan kerja Anda. Bisa saja orang yang Anda maki-maki saat sedang memarkir mobil di halaman kantor ternyata adalah calon rekan kerja Anda. Atau orang yang Anda lihat dengan pandangan mata aneh di lift gedung adalah calon bos Anda.
Sebelum masuk ke dalam kantor, tarik napas dalam-dalam dan masuklah ke ruangan dengan senyuman. Berjalanlah dengan kepala terangkat (jangan menunduk) dan lakukan kontak mata dengan siapa pun yang Anda temui saat berjalan ke meja Anda. Jangan lupa juga untuk bersikap sopan terhadap siapa pun juga, termasuk office boy.
“Perkenalkan diri Anda kepada mereka dan ajukan pertanyaan jika perlu. Kebanyakan orang senang menolong karena hal ini membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Jika Anda menolak semua tawaran pertolongan hanya karena takut dianggap tidak kompeten, orang lain justru akan menganggap kalau Anda sok tahu,” tegas Dawn.
Masih menurut Dawn, tak masalah jika saat menuntaskan pekerjaan, Anda menggunakan cara yang biasa Anda lakukan di tempat yang lama. Namun, Anda juga harus ingat bahwa setiap tempat kerja memiliki cara masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaan.
“Jadi saat minggu atau bulan pertama Anda bekerja, jangan sampai Anda berkata bahwa cara yang mereka gunakan salah dan lebih baik menggunakan cara yang Anda lakukan di tempat yang lama. Rekan kerja Anda bisa jadi akan berpikir bahwa jika Anda senang dengan cara kerja di tempat yang lama, lalu mengapa Anda pindah dari sana?” kata Dawn.
Langkah selanjutnya
Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda dalam beradaptasi dengan tempat kerja yang baru. Ada yang mudah berbaur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, namun ada juga yang butuh waktu lama. Apa pun kondisinya, ada beberapa hal yang tetap harus Anda lakukan untuk membuat Anda, rekan kerja, serta bos Anda nyaman dengan kehadiran Anda di kantor tersebut.
Pertama, jangan segan untuk bertanya. Karena Anda orang baru, Anda harus mengikuti cara kerja atau cara bersikap di tempat yang baru. Jangan lupa juga untuk tetap tersenyum setiap kali berpapasan dengan rekan kerja atau atasan. Gunakan waktu makan siang untuk mengenal mereka lebih dekat.
Cari tahu siapa yang berwenang memberikan Anda tugas dan siapa yang hanya berusaha memanfaatkan Anda untuk mengerjakan tugasnya. Selain itu, perhatikan gosip yang rekan kerja Anda bicarakan, tapi jangan ikut berkomentar. Sebagai orang baru, Anda tentu tak ingin dikenal sebagai si tukang gosip.
Jangan pula mengeluh tentang rekan kerja Anda, termasuk jika Anda tak suka dengan atasan Anda. Jangan pula membuka aib di kantor Anda yang lama.
Selain itu, jangan ragu untuk menawarkan diri membantu suatu proyek yang memungkinkan Anda dikenal lebih jauh oleh banyak orang di kantor tersebut. Meski begitu, jangan pernah menolak tugas apa pun yang diberikan oleh atasan Anda.
Terakhir, tetaplah berpikir dan bersikap positif. Jika Anda bersikap baik dan punya kompetensi, maka karier Anda bisa saja cemerlang di tempat yang baru tersebut.
 
http://www.infokerja-jatim.com/?m=detail_karir&id=16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar